Setahun lalu, Yahoo membuat angin segar di dunia la yanan photo-video sharing/hosting-nya Flickr den gan menyegarkan interface dan menawarkan kapasi tas penyimpanan hingga 1 TB secara gratis. Penggu nan Flickr juga diberi “insentif” lain berupa dukungan klip video berdurasi lebih lama (video 1080p 1 GB/file berdurasi maskimum 3 menit) dan resolusi foto atau gambar (JPEG, GIF non-animated, dan PNG) lebih tinggi (ukuran maksimum 200 MB/file).

Penguna Android device pun “dirayu” dengan dirilisnya applikasi (app) baru untuk Android OS. Strategi berani dari CEO Yahoo! (pemilik Flickr), Marissa Mayer, seperti ingin mengolok-olok Google (tempat ia dulu bekerja), yang masih berkapasitas penyimpanan gratis “hanya” 15 GB untuk setiap layanannya. Sebenarnya, kapasitas penyimpanan yang ditawarkan Google masih jauh lebih baik.

Bandingkan saja dengan kapasitas yang disediakan layanan cloud storage universal lain, seperti Dropbox (2-5 GB) atau Box (10 GB) untuk pelanggan gratis. Kapasitas penyimpanan 1 TB terbilang sangat besar untuk sebuah layanan photo sharing gratis. Hal ini mengingat pengguna Flickr hingga kini telah mencapai 90 juta pengguna dengan lebih dari 3,5 juta foto di-upload setiap harinya.

Jadi, bisa dibayangkan betapa besar kapasitas media penyimpanan yang disediakan Flickr di jajaran server storage-nya. Menurut hitung-hitungan Yahoo!, seorang pengguna membutuhkan waktu sekitar 15 tahun untuk meng-upload 50 foto berkualitas 13 Megapixel (MP) setiap harinya hingga kapasitas 1 TB tersebut menjadi penuh. Keberanian Yahoo! menawarkan kapasitas 1 TB patut dipuji dan perlu diuji pula kebenarannya oleh pengguna.

Hanya menerima file foto dan video

Teknologi foto dan video yang semakin canggih berdampak pada ukuran file foto dan video yang semakin besar. Inilah salah satu alasan utama Flickr menyediakan fasilitas online backup dan sharing file tersebut hingga 1 TB. Bagi Anda yang ingin menyimpan file selain foto dan video disarankan oleh Flickr untuk menggunakan layanan lain (Dropbox, Box, atau sejenisnya). Benarkah demikian? masih punya trik sederhana agar Flickr masih mau menerima file selain foto dan video. Prinsipnya sederhana, yaitu dengan menempelkan file tersebut ke file foto atau video sehingga Flickr melihatnya (mendeteksi file header) sebagai sebuah file foto atau video. Berikut ini panduan singkat menempel file ISO ke file JPEG sebelum di-upload ke Flickr.