Memiliki hobi yang beragam memang kerap membuat bingung bagaimana menyimpan semua barang tersebut. Simak tip berikut ini! Anda memiliki hobi membaca, balita dengan mainan segudang? Sudah rapikah susunan barang-barang kegemaran Anda tersebut? Tak usah bingung di mana menyimpan koleksi Anda tersebut traveling, atau memiliki sebab Anda dapat memanfaatkan setiap sudut rumah sebagai tempat penyimpanan.

Koper

Bila Anda memiliki hobi traveling, koper merupakan benda wajib yang selalu menemani Anda bepergian. Tak jarang, banyak penghuni yang memiliki koper berbagai ukuran. Menyimpan koper cukup sulit sebab ukurannya yang cenderung makan tempat. Nah, bagaimana cara menyimpan koper yang baik?

  • Letakkan di lemari tertutup. Simpan di tempat yang kering dan tidak lembap. Bila tak ada lemari, bagian atas lemari baju dapat menjadi pilihan untuk menyimpan koper, tapi jangan lupa dengan penutupnya agar tetap bersih.
  • Sebelum meninggalkan koper Anda untuk waktu yang lama, bungkuslah koper Anda. Gunakan plastik membungkus koper. Dengan bungkus plastik, koper Anda akan bebas dari debu, serangga, tikus, dan hewan lainnya.
  • Jika Anda memiliki beragam koper dan tas dalam berbagai ukuran, Anda bisa menyimpan koper yang lebih kecil di dalam koper yang lebih besar.

Agar Koper Awet Masukan kapur barus dan silica gel setelah koper kosong. Hal itu bertujuan agar koper terhindar dari bau tak sedap. Selain itu juga mencegah dari serangga yang bisa saja hinggap dan bersarang.

Buku-buku

Menurut Enira Arvanda, dosen interior Universitas Indonesia, Anda dapat menyimpan bukubuku tersebut berdasarkan topik atau tema buku layaknya sebuah perpustakan. Selain itu, Anda juga dapat menyusun buku berdasarkan kecilnya ukuran buku. Fredi Indra, arsitek Studio Renarendra juga mengatakan untuk penyimpanan ini lebih fokus pada kebutuhan Anda. Selain itu, intensitas pemakaian juga menentukan bentuk storage yang digunakan.

Misal untuk buku, mainan, atau dokumen penting yang tiap hari dipakai, letakkan penyimpanan di area yang mudah dijangkau. Misal, rak terbuka atau lemari. Simak tip lainnya agar koleksi buku-buku Anda tetap tertata rapi berikut ini. Rak untuk novel harus dipisahkan dengan rak ensiklopedia. Alasannya sederhana, meski sama-sama jenis buku, keduanya memiliki ukuran dan berat yang berbeda. Berat barang-barang yang akan disimpan dalam sebuah rak otomatis akan menentukan tebal, panjang, dan kapasitas rak.

Agar kenyamanan rumah tetap terjaga disaat anak sedang bermain, perlu ditambahkan sebuah genset. Harga genset yang murah bisa didapatkan melalui Distributor jual genset 1500 Kva Jakarta.